Bank Dunia turunkan target pertumbuhan Ekonomi Global untuk tahun 2013

logo

Bank Dunia telah menurunkan prediksi pertumbuhan ekonomi global sepanjang 2013, dan memperingatkan negara berkembang untuk menghadapi risiko fluktuasi ekonomi dunia dalam jangka panjang yang diakibatkan krisis utang Eropa. Bank Dunia dalam laporan Global Economic Prosects edisi terbaru yang dikeluarkan kemarin (12/6) memprediksi, soft landing adalah prospek yang mungkin dihadapi ekonomi Tiongkok, tetapi kemungkinan “adjustment yang melampaui batas” juga tidak bisa dikesampingkan.

Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi global sepanjang 2012 sebesar 2,5 persen, yang sama dengan perkiraan yang dipublikasikan dalam laporan edisi Januari lalu. Tetapi prediksi pertumbuhan global untuk tahun 2013 adalah sebesar 3 persen, berarti sedikit lebih rendah daripada prediksi yang dikeluarkan bulan Januari yang sebesar 3,1 persen.

Bank Dunia menyatakan, pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan meningkat dari 8,2 persen pada 2012 menjadi 8,4 persen pada 2014. Bank Dunia memperingatkan, melambannya pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan mengakibatkan berkurangnya ekspor, yang akan membawa dampak negatif terhadap negara lain di kawasan ini, khususnya negara-negara yang mengandalkan ekspor komoditas massal.(CRI)

Berita Terbaru

Komentar


5 × = dua puluh