Indeks Kompas100

Indeks Kompas100 diluncurkan bertepatan dengan ulang tahun pasar modal ke 30 dan perayaan HUT PT Bursa Efek Jakarta (BEJ) ke-15 tanggal 13 Juli 2007. Indeks ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi pada investor, pengelola portofolio serta fund manager sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam menciptakan kreatifi tas (inovasi) pengelolaan dana yang berbasis saham. Proses pemilihan 100 saham yang masuk dalam penghitungan indeks Kompas100 ini mempertimbangkan faktor likuiditas, kapitalisasi pasar dan kinerja fundamental dari saham-saham tersebut.

Kriteria Pemilihan Saham Indeks Kompas100
Kriteria pemilihan saham adalah dengan mempertimbangkan faktor-faktor sebagai berikut:

  1. Telah tercatat di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) minimal 3 bulan
  2. Aktivitas transaksi di pasar reguler yaitu nilai, volume dan frekuensi transaksi.
  3. Jumlah hari perdagangan di pasar reguler
  4. Kapitalisasi pasar pada periode waktu tertentu.
  5. Sebagai saringan terakhir, BEI juga mengevaluasi dan mempertimbangkan faktor-faktor fundamental dan pola perdagangan.
  6. BEI memiliki tanggung jawab penuh dalam pelaksanaan pemilihan saham-saham yang masuk dalam daftar indeks ini, dimana semua keputusan akan diambil dengan mempertimbangkan kepentingan investor maupun stakeholders lainnya.

Evaluasi dan pergantian saham dalam Indeks Kompas100 akan dilakukan setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Februari dan Agustus.

Baca Juga

Beri Komentar


lima + 4 =